Wednesday, September 25, 2013

Mengenal Kerajinan Cukli Asli Lombok

Banyak yang mengenal Lombok sebagai penghasil kain songket, dan pulau yang menyimpan sudut-sudut pantai indah. Namun, bukan itu saja yang berhasil disajikan oleh Lombok. Ada sebuah kerajinan yang mungkin jarang Anda dengar, cukli.


Awalnya saya juga tidak tahu apa itu kerajinan cukli. Namanya saja sudah mengundang gelak tawa. Namun semuanya berubah saat saya melihat hasil kerajinan cukli yang sudah berubah menjadi perabotan rumah tangga cukli. Betul-betul sebuah keindahan Nusantara yang harus dilestarikan!


Lantas, saya pun penasaran dengan asal usul kerajinan cukli ini. Setelah saya baca-baca, ternyata kerajinan ini punya catatan sejarah yang lumayan panjang. Kerajinan cukli adalah sebuah hasil karya tangan manusia, dengan menggunakan kerang sebagai bahan dasarnya.

Cukli sendiri diambil dari nama kerang yang didatangkan justru dari luar daerah, seperti Sulawesi, Flores, atau bahkan Jawa. Hampir serupa dengan kerang jenis lainnya, cukli pun memiliki kulit yang keras. Warna cukli yang didapat biasanya berupa putih gading.

Dengan keterampilan tangan khusus, kerang ini nantinya dipotong kecil-kecil hingga menyerupai bentuk wajik, sebelum akhirnya dipakai sebagai penghias berbagai bentuk desain kerajinan di sana. Cukli dapat diaplikasikan ke berbagai produk rumah tangga. Seperti meja, lemari, dinding pemisah ruangan, kotak barang, kotak perhiasan, asbak, tempat buah, topeng, dan lainnya.


Adanya kerajinan cukli ini menambah khazanah baru obyek kerajinan suku asli Lombok, suku Sasak. Biasanya, kerajinan cukli ini mengombinasikan hasil pahatan kerang cukli tadi dengan bahan baku kayu mahoni berkualitas. Karuan saja, kerajinan unik yang satu ini berhasil menarik minat banyak wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Kerajinan cukli seakan memberikan citra tradisional yang berhasil membuat wisatawan berdecak kagum.

Diakui oleh beberapa pihak di Lombok, tidak hanya wisatawan lokal yang terpana dengan kerajinan cukli. Banyak wisatawan asing yang berkunjung ke Lombok juga tertarik dengan keindahannya. Untuk dapat membawa pulang kerajinan cukli, harga yang ditawarkan beragam. Tergantung produk rumah tangga apa yang Anda pilih.

Saat ini, tidak sedikit pengrajin cukli yang semakin melebarkan sayapnya. Mereka tidak hanya menjual kerajinan tersebut di workshop mereka. Namun juga melayani banyak pemesanan dari berbagai belahan dunia seperti Amerika Serikat, Belanda, dan Jepang.


No comments:

Post a Comment