Tuesday, December 24, 2013

Merintis Bisnis Sukses dari Hobi



Hobi bukanlah sekadar sesuatu yang Anda sukai, tapi juga suatu kegiatan yang bisa Anda andalkan untuk menghilangkan stres dan kejenuhan akibat bekerja. Tapi hobi pun bisa jadi sumber uang Anda. Kenapa tidak mencoba membuka usaha berdasarkan apa yang Anda suka? Tidakkah menyenangkan untuk memiliki hobi yang bisa menghasilkan uang?



Ketika bisnis yang dimulai dari hobi yang Anda cintai, Anda tidak menganggap bisnis Anda sebagai beban ataupun sekedar target, tapi sebagai kegiatan yang memang Anda sukai. Sudah banyak cerita tentang pengusaha yang meraih sukses dari usaha yang berdasarkan hobi yang dia sukai. Misalnya saja Hendy Setiono yang hobi wisata kuliner, sukses membesarkan nama Kebab Turki Baba Rafi. Ada juga Dian Pelangi yang sukses merintis bisnis hijab dari hobinya merancang busana. Semua usaha ini dirintis dari bawah hingga menjadi merek yang dikenal dan populer. Lalu kira-kira apa saja kelebihan usaha yang berasal dari hobi?

1.       Tidak mudah menyerah
Membuka usaha memang tidak pernah mudah. Kendala bisnis akan selalu muncul. Pengusaha yang memiliki bisnis yang berasal dari hobi biasanya akan lebih tidak mudah menyerah, karena dia memang melakukan sesuatu yang dia sukai dan dia akan berusaha terus sampai berhasil.

2.       Total
Pengusaha dengan bisnis yang berasal dari hobinya akan lebih maksimal mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnisnya. Selain itu, bisa jadi karena dia telah melakukan hobi tersebut selama bertahun-tahun, dia telah mengetahui seluk beluk hobi tersebut, seperti kelemahan, kelebihan, serta tantangan. Sehingga dia bisa menyiapkan langkah yang lebih matang dan siap menghadapi berbagai tantangan yang mungkin terjadi.

3.       Lebih bahagia
Bisnis yang berasal dari hobi akan dijalani dengan lebih  bersemangat dan berbahagia. Alasannya jelas: karena bisnis yang dijalani merupakan sesuatu yang benar-benar disukai oleh pemiliknya.



Berminat membuat usaha sendiri? Mungkin hobi Anda bisa jadi dasar untuk mengembangkan usaha Anda. Coba cek beberapa langkah berikut ini jadi bisa jadi panduan Anda saat memulai bisnis Anda:
 
1.       Cek lokasi bisnis Anda. Apakah Anda akan memiliki toko sungguhan atau hanya online shop? Kalau Anda akan memiliki toko sungguhan, pastikan lokasi toko berada dekat dengan target pelanggan Anda. Kalau Anda hanya akan memiliki online shop, pelajari perilaku online target pelanggan Anda.

2.       Pastikan kompetisi di bidang calon bisnis Anda belum terlalu ketat. Bila kompetisi sudah cukup berat, pastikan Anda telah siap untuk menghadapi kompetisi tersebut. Bersiap pula jika nantinya Anda akan melihat banyak pelaku bisnis dibidang yang sama (kompetitor).

3.       Cari cara untuk membedakan bisnis Anda dengan bisnis lain di bidang yang sama dengan Anda.

4.       Teliti target pasar Anda. Hindari stres dengan mempersiapkan diri untuk menghadapi target pasar tersebut. 

5.       Perdalam pengetahuan Anda tentang hobi yang Anda tekuni. Jangan ragu untuk memperkuat network Anda dengan orang-orang yang bisa membantu bisnis Anda.

6.       Siapkan cara terbaik untuk memasarkan usaha Anda. Cara pemasaran yang baik adalah pemasaran yang sederhana dengan mempertimbangkan karakteristik target pasar Anda. Tarik pelanggan baru dengan penawaran serta hadiah menarik. Bila perlu, gaet komunitas yang sesuai dengan hobi Anda. Jika hobi kuliner, jalin relasi dengan komunitas kuliner. Jika hobi fashion, jalinlah relasi dengan komunitas fashion. Selain offline, biasanya komunitas ini mudah ditemui secara online di jejaring sosial.

7.       Siapkan sistem pelayanan pelanggan yang memuaskan, tidak hanya sebelum pelanggan membeli barang atau memakai jasa Anda, tapi juga after sales service alias pelayanan sesudah pembelian. Pelanggan yang puas adalah pemasaran yang terbaik, karena mereka akan merekomendasikan bisnis Anda ke orang lain.

8.       Bersiaplah untuk meluangkan waktu yang banyak untuk mengembangkan bisnis Anda.

9.       Delegasikan pekerjaan Anda ke orang lain yang Anda percaya. Jangan coba melakukan semua hal sendirian.

10.   Bekerjasamalah dengan bisnis lain yang bukan merupakan saingan Anda tapi memiliki target pasar yang sama dengan Anda. Anda dan partner bisnis tersebut bisa saling merekomendasikan satu sama lain.


  
      Sudah bosan jadi karyawan dan ingin mencoba menjadi wirausahawan? Coba lihat apakah hobi Anda bisa Anda kembangkan jadi bisnis yang menguntungkan. Siapa tahu, bisnis Anda sukses dan Anda menjadi bos Anda sendiri. Semoga sukses! 





No comments:

Post a Comment