Thursday, December 19, 2013

Siapa Takut Berjualan Produk Unik di Internet?



Zaman sekarang, kalau mau berdagang itu harus pintar-pintar. Salah satunya adalah harus pintar memilih barang apa yang akan didagangkan. Maka tidak heran jika kita melihat, banyak produk UKM Indonesia yang tergolong unik. Para pedagang itu tidak ingin terlihat sama dengan yang lainnya. Mereka ingin mengisi ‘laci’ yang belum diisi oleh pedagang lain. Dengan kata lain, mereka ingin menjadi pelopor di bidang tersebut.

Sebagai contoh mungkin salah satu produk keripik pedas yang sempat populer beberapa tahun lalu. Disajikan dengan berbagai level kepedasan, produk ini terbukti telah menjadi salah satu jajanan tersukses yang pernah ada di pasaran. Lalu ada juga produk lain seperti sepatu lukis  misalnya. Banyak orang mengira produk-produk inovatif tersebut akan susah menembus pasar, namun kenyataannya tidak demikian.

Namun, bukan berarti dengan memilik barang dagangan yang unik, maka akan menjadi pemenang begitu saja. Tentu harus didukung dengan cara pemasaran yang tidak biasa pula. Karenanya pekerjaan akan menjadi berlipat. Selain menjual, pedagang  yang menjual barang unik, wajib memberi edukasi kepada calon pembeli tentang barang dagangannya. Ditambah lagi dengan kenyataan, bahwa belum tentu semua lapisan masyarakat dapat menerima keunikan barang dagangan tersebut.

Ada cara-cara tertentu yang dapat Anda terapkan. Kali ini saya akan berbagi sedikit tips berjualan produk-produk unik  ini.

Tampilkan Visual Produk yang Menarik
Apa pun barang yang dijual, deskripsi dan foto produk adalah penting nilainya. Terlebih jika Anda memilih untuk berjualan secara online. Untuk produk unik yang dijual, target pasar akan lebih tertarik jika melihat visual yang menarik. Ditambah dengan pilihan kata yang persuasif di deskripsi produk, maka akan membuat mereka semakin ingin membelinya.

Hal yang wajib dilakukan adalah membuat foto produk tidak hanya dari satu sisi saja. Perlihatkan semua sisi barang unik tersebut. Bahkan sampai cara menggunakannya. Di kolom deskripsi, sebutkan semua kelebihan barang tersebut. Mulai dari desain, fungsi, hingga fitur lain yang mungkin tidak ditemukan di barang sejenis lainnya.



Tangani Pelanggan dengan Baik
Kebanyakan penggemar barang-barang unik adalah kalangan muda di rentang usia 15-25 tahun. Walau tidak menutup kemungkinan masyarakat dengan usia  yang lebih dari 25 tahun juga tertarik, namun ini adalah target pasar utama Anda.

Karakteristik target pasar ini jelas punya ciri dan perbedaan tersendiri. Bisa dibilang, kategori ini haus akan informasi jelas, dan tidak punya kesabaran yang terlalu banyak. Mereka pun tidak ragu untuk langsung menanyakan apa pun kepada sang penjual. Maka, Anda sebagai penjual sebaiknya mempekerjakan orang khusus untuk menangani semua hal yang datang dari pelanggan. Mulai dari pertanyaan, hingga keluhan. 



Gunakan Strategi Berpromosi yang Beragam
Dengan target pasar yang muda, tentu mereka sudah sangat peka teknologi. Maka Anda pun harus menggunakan strategi berpromosi yang memaksimalkan kecanggihan teknologi saat ini. Gunakan semua fitur yang ada di smartphone, dan layanan chat yang ada seperti BBM atau WhatsApp. Bikin grup yang khusus membahas barang-barang dagangan Anda. Undang para calon pembeli ke dalam grup tersebut, dan berikan informasi tentang barang terbaru yang Anda jual secara berkala.

Jangan lupa juga untuk memberikan informasi seputar side story yang masih berkaitan dengan barang dagangan Anda. Misalnya, cara perawatan atau penggunaan lebih lanjut barang yang Anda jual. 



Cantumkan Metode Pemesanan dan Pembayaran dengan Jelas
Terakhir, jangan lupa cantumkan informasi komplet tentang tata cara pemesanan dan pembayaran. Cara apa pun yang Anda sediakan, harus bisa Anda sampaikan dengan sejelas mungkin. Mulai dari format pemesanan tertentu, hingga pilihan bank yang Anda gunakan untuk mentransfer jumlah biaya pesanan. 


No comments:

Post a Comment